Sejarah MTs.

Sejarah Singkat MTs. Ibrahimy

Sejarah Singkat berdirinya
Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy

Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy berdiri pada tanggal 1 Juli 1991  dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Amin yang merupakan Cabang dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Pada awal berdirinya Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy masih berbentuk lembaga non formal yaitu berbentuk sekolah diniyah yang didalamnya diajarkan mata pelajaran agama seperti layaknya sekolah diniyah lainnya atau sekolah di pondok pesantren. Baru pada  1 Juli 1991 secara resmi Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy terdaftar di Departemen Agama, sehingga pada tanggal 1 Juli tersebut ditetapkan sebagai hari jadi  Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy Secang Kalipuro Banyuwangi. Berdirinya Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy tidak terlepas dengan nama KH. Husaini Hafidh Nasrullah, karena beliaulah sebagai inisiator utama lembaga pendidikan yang setingkat SMP ini, dan sejak tanggal berdirinya Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy tersebut beliau ditetapkan sebagai Kepala Sekolah hingga berakhir pada tahun 2010, karena beliau sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Amin yang mengelola 4 lembaga pendidikan mulai dari Raudlatul Athfal (RA) sampai dengan Madrasah Aliyah (MA) ini perlu pengkaderan yang dapat mengembangkan lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Amin.
Latar belakang berdirinya Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy ini dimulai dari rasa prihatin yang mendalam dari keadaan atau kondisi sosial dan moralitas masyarakat sekitar yang pengetahuannya terhadap pendidikan sangat tipis.
Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy berada dilingkungan masyarakat yang mayoritas beragama Islam, simpati masyarakat sangat tinggi terhadap keberadaan Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy sehingga segala aktivitas lembaga pendidikan ini mendapat perhatian yang seriaus dan  didukung sepenuhnya oleh masyarakat sekitar, ini terbukti dengan banyaknya putra putri warga sekitar bahkan dari berbagai wilayah yang masuk di Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy. Karena kebetulan sekolah ini didukung oleh fasilitas pondok pesantren, sehingga yang berasal dari wilayah jauh bisa menetap di asrama pondok pesantren.
Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy sejak berdirinya hingga sekarang terus mengalami perkembangan, sesuai dengan harapan dan Visi MTs. Ibrahimy SEMOGA MTs. IBRAHIMY dapat melahirkan putra putrid Bangsa menjadi Anak yang sholeh dan Sholihah, beriman dan bertaqwa berilmu dan beramal Shalaeh. Amiiin.

I.        MAKSUD DAN TUJUAN
Tujuan dilaksanakannya rehabilitasi MTs. Ibrahimy adalah :
1.      Memberikan kenyamanan dan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar
Didalam kelas baik bagi guru maupun peserta didik.
2.     Meningkatkan kualitas SDM bagi peserta didik.
3.     Membantu Program Pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa.
4.     Membantu kelancaran Program Pemerintah tentang Pendidikan Dasar Sembilan ( 9 ) tahun.
5.     Menciptakan manusia yang berpendidikan, berbudi pekerti luhur berdasarkan IMTAQ dan IPTEK
6.     Mewujudkan dan meningkatkan pembelajaran secara terintegrasi dan berkesinambungan baik dengan menggunakan buku maupun alat  Bantu belajar maupun dengan media pembelajaran.
7.     Mengurangi kerusakan ruang kelas dengan memelihara secara maksimal  
II.       KONDISI LINGKUNGAN
Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy berada dilingkungan masyarakat yang mayoritas beragama islam, simpati masyarakat sangat tinggi terhadap keberadaan Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy sehingga segala aktivitas kami didukung sepenuhnya oleh masyarakat sekitar, ini terbukti dengan banyaknya putra putri warga sekitar – yang masuk di Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy.
III.      KONDISI MURID DAN TENAGA PENGAJAR
Adapaun Kondisi Murid dan Tenaga Mengajar adalah sebagai berikut :
1. Jumlah murid                            : 202  putra putri
2. Jumlah Guru                             : 21 orang
3. Jumlah ruang Kelas                  : 8 Ruang
4. Jumlah Rombongan Belajar    : 8 kelas
IV.         PROGRAM PENGEMBANGAN
Program Pengembangan yang direncanakan Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy meliputi Pengembangan Fisik dan Non-Fisik.
Pengembangan fisik meliputi : Penambahan dan perbaikan fasilitas
Sedangkan pengembangan Non-Fisik yang dilakukan adalah meningkatkan kwalitas keilmuan dan keterampilan pada peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar