Madrasah
Tsanawiyah Ibrahimy berdiri pada
tanggal 1 Juli 1991 dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Salafiyah
Syafi’iyah Nurul Amin yang merupakan Cabang dari Pondok Pesantren Salafiyah
Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Pada awal berdirinya Madrasah Tsanawiyah
Ibrahimy masih berbentuk lembaga non formal yaitu berbentuk sekolah diniyah
yang didalamnya diajarkan mata pelajaran agama seperti layaknya sekolah diniyah
lainnya atau sekolah di pondok pesantren. Baru pada 1 Juli 1991 secara
resmi Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy terdaftar di Departemen Agama, sehingga pada
tanggal 1 Juli tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Madrasah Tsanawiyah
Ibrahimy Secang Kalipuro Banyuwangi. Berdirinya Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy
tidak terlepas dengan nama KH. Husaini Hafidh Nasrullah, karena beliaulah
sebagai inisiator utama lembaga pendidikan yang setingkat SMP ini, dan sejak
tanggal berdirinya Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy tersebut beliau ditetapkan
sebagai Kepala Sekolah hingga berakhir pada tahun 2010, karena beliau sebagai
Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Amin yang mengelola 4
lembaga pendidikan mulai dari Raudlatul Athfal (RA) sampai dengan Madrasah
Aliyah (MA) ini perlu pengkaderan yang dapat mengembangkan lembaga pendidikan
yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul
Amin.
Latar
belakang berdirinya Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy ini dimulai dari rasa
prihatin yang mendalam dari keadaan atau kondisi sosial dan moralitas
masyarakat sekitar yang pengetahuannya terhadap pendidikan sangat tipis.
Madrasah
Tsanawiyah Ibrahimy berada dilingkungan masyarakat yang mayoritas beragama
Islam, simpati masyarakat sangat tinggi terhadap keberadaan Madrasah Tsanawiyah
Ibrahimy sehingga segala aktivitas lembaga pendidikan ini mendapat perhatian
yang seriaus dan didukung sepenuhnya oleh masyarakat sekitar, ini
terbukti dengan banyaknya putra putri warga sekitar bahkan dari berbagai
wilayah yang masuk di Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy. Karena kebetulan sekolah
ini didukung oleh fasilitas pondok pesantren, sehingga yang berasal dari
wilayah jauh bisa menetap di asrama pondok pesantren.
Madrasah
Tsanawiyah Ibrahimy sejak berdirinya hingga sekarang terus mengalami
perkembangan, sesuai dengan harapan dan Visi MTs. Ibrahimy SEMOGA MTs. IBRAHIMY
dapat melahirkan putra putrid Bangsa menjadi Anak yang sholeh dan Sholihah,
beriman dan bertaqwa berilmu dan beramal Shalaeh. Amiiin.
I. MAKSUD DAN TUJUAN
Tujuan dilaksanakannya rehabilitasi MTs. Ibrahimy adalah :
1. Memberikan kenyamanan dan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar
Didalam kelas baik bagi guru maupun peserta didik.
2. Meningkatkan kualitas SDM bagi peserta didik.
3. Membantu Program Pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa.
4. Membantu kelancaran Program Pemerintah tentang Pendidikan Dasar Sembilan ( 9 ) tahun.
5. Menciptakan manusia yang berpendidikan, berbudi pekerti luhur berdasarkan IMTAQ dan IPTEK
6. Mewujudkan dan meningkatkan pembelajaran secara terintegrasi dan berkesinambungan baik dengan menggunakan buku maupun alat Bantu belajar maupun dengan media pembelajaran.
7. Mengurangi kerusakan ruang kelas dengan memelihara secara maksimal
II. KONDISI LINGKUNGAN
Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy berada dilingkungan masyarakat yang mayoritas beragama islam, simpati masyarakat sangat tinggi terhadap keberadaan Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy sehingga segala aktivitas kami didukung sepenuhnya oleh masyarakat sekitar, ini terbukti dengan banyaknya putra putri warga sekitar – yang masuk di Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy.
III. KONDISI MURID DAN TENAGA PENGAJAR
Adapaun Kondisi Murid dan Tenaga Mengajar adalah sebagai berikut :
1. Jumlah murid : 202 putra putri
2. Jumlah Guru : 21 orang
3. Jumlah ruang Kelas : 8 Ruang
4. Jumlah Rombongan Belajar : 8 kelas
IV. PROGRAM PENGEMBANGAN
Program Pengembangan yang direncanakan Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy meliputi Pengembangan Fisik dan Non-Fisik.
Pengembangan fisik meliputi : Penambahan dan perbaikan fasilitas
Sedangkan pengembangan Non-Fisik yang dilakukan adalah meningkatkan kwalitas keilmuan dan keterampilan pada peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar